Administrasi Perkantoran
Program keahlian Administrasi Perkantoran termasuk salah satu dari bidang keahlian Bisnis dan manajemen. Jabatan tamatan program keahlian administrasi perkantoran adalah sekretaris yunior, dalam lingkup sekretaris.
Tujuan program keahlian administrasi perkantoran secara umum adalah sebagai berikut:
· Menerapkan dan mengembakan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
· Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
· Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yangmenjadi tanggungjawabnya.
· Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
· Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
· Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
Program Keahlian ADMINISTRASI PERKANTORAN
- Melaksanakan pelayanan prima
- Membuka usaha berskala kecil
- Mengerjakan siklus akuntansi untuk perusahaan jasa dan dagang skala kecil
- Mengetik berbagai naskah / dokumen
- Membuat surat niaga dan menerapkan system kerasipan
- Mengelola administrasi Kantor
- Mampu mengerjakan pekerjaan Sekretaris,diantaranya
- Menangani telepon
- Menangani tamu
- Mengelola kas kecil
- Menangani alat tulis dan perlengkapan kantor
- Menangani dikte dalam bahasa Inggris
- Mengatur pertemuan/ rapat
- Mengelola dokumen
- Mengatur jadwal kegiatan pimpinan
- Menangani laporan
- Menangani kegiatan humas dan keprotokolan
IDENTIFIKASI PEKERJAAN KANTOR
Di masyarakat luas pekerjaan kantor biasanya juga disebut sebagai tatausaha. Tata usaha dirumuskan sebagai segenap rangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam setiap organisasi. Jadi, tatausaha menurut intinya adalah tugas pelayanan disekitar keterangan-keterangan yang berwujud 6 pola perbuatan:
Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson, pekerjaan perkantoran dapat diperinci dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
manajemen administrasi perkantoran
Dalam manajemen perkantoran terdapat berbagai fungsi yang meliputi rangkaian aktivitas antara lain:
Sedangkan fungsi-fungsi yang terkait lainnya menurut H.Mac Donald (office management) bertalian dengan 6 hal yaitu :
Pengertian Administrasi Perkantoran Menurut Para Ahli
Sebagian besar literatur menggunakan istilah administrasi perkantoran dan manajemen perkantoran dengan pengertian yang sama. Hal ini dipertegas oleh pernyataan PBB (1969), bahwa keduanya sama, walaupun istilah administrasi lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan negara, sedangkan manajemen lebih banyak berhubungan dengan perusahaan.Berikut ini adalah pengertian administrasi (manajemen) perkantoran menurut beberapa ahli:
# WH EVANS
Administrasi perkantoran merupakan fungsi yang menyangkut manajemen dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi, dan ingatan organisasi
# ARTHUR GREGER
Administrasi perkantoran merupakan fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat dari suatu organisani
# WILLIAM LEFFINGWELL & EDWIN ROBINSON
Administrasi perkantoran merupakan cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan itu harus dilakukan.
# GEORGE TERRY
Administrasi perkantoran merupakan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan
# Dra. SUPARJATI
Administrasi perkantoran adalah proses kerja sma di dalam kantor untuk mencapai tujuan kantor yang telah ditetapkan sebelumnya dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen
# KALLAUS & KEELING
Administrative office is the process of planning, organizing adn controlling all the information related activities and of leading or directing people to attain teh objective of the organization
Pengertian administrasi perkantoran. Pengertian kantor menurut para ahli. Artikel administrasi perkantoran. Pengertian administrasi menurut para ahli administrasi. Pengertian perkantoran. Definisi administrasi perkantoran. Pengertian administrasi kesehatan menurut para ahli.
Pengertian kantor. Administrasi perkantoran. Fungsi administrasi perkantoran. Pengertian perkantoran menurut para ahli. Pengertian administrasi kantor. Definisi kantor. Pengertian kantor menurut ahli.
Administrasi kantor. Pengertian pekerjaan kantor menurut para ahli. Pengertian manajemen perkantoran menurut para ahli. Pengertian pekerjaan kantor. Para ahli administrasi. Definisi perkantoran. Peranan administrasi perkantoran.
Istilah administrasi. Pengertian manajemen perkantoran. Dimana pekerjaan administrasi dilakukan. Apa siapa dan dimana pekerjaan administrasi dilakukan. Pengertian administrasi menurut george terry. Tujuan administrasi perkantoran. Tentang administrasi perkantoran.
Artikel administrasi kantor. Penyelenggaraan pekerjaan kantor. Fungsi administrasi perkantoran menurut para ahli. Defenisi perkantoran. Artikel perkantoran. Manajemen perkantoran menurut para ahli. Perkantoran.
Pengertian administrasi dan contohnya. Konsep administrasi pelayanan kesehatan menurut para ahli. Gambar gambar administrasi perkantoran. Pengertian adm.perkantoran. Istilah perkantoran. Pengertian pelayanan administrasi. Tujuan dan fungsi administrasi perkantoran.
Pengrtian administrasi kantor. Konsep administrasi pelayanan kesehatan. Pengertian dan fungsi manajemen menurut para ahli. Administrasi perkantoran menurut george terry. Pengertian dari perkantoran. Administrasi perkantoran adalah. Pengertian adminisrtasi perkantoran.
Pengertian kantor administrasi. Pengertian administrasi bisnis. Pengertian administrasi perusahaan. Definisi manajemen perkantoran. Pengertian adminitrasi perkantoran. Pengertian pekerjaan perkantoran. Gambar dan pengertian administrasi perkantoran.
Pengertian management perkantoran. Konsep administrasi dan artikel terkait. Menrut para ahli administrasi. Fungsi fungsi administrasi perkantoran. Pengertian administrasi kesehatan. administrasi. administrasi perkantoran menurut para ahli.. Tujuan administrasi kantor. Pengertian administrasi perkantoran parah ahli.
Penertian administrasi perkantoran. Fungsi adm perkantoran. Konsep administrasi pelayanan kesehatan menurut ahli. Manajemen perkantoran bisnis. Prosedur kegiatan administrasi perkantoran. Pengertian pekerjaan administrasi. Administrasi menurut george.
Fungsi makalah administrasi. 10 definisi menurut para ahli administrasi manajemen. Fungsi administrasi kantor. Definisi pekerjaan administrasi. Manajemen perkantoran. Gambar administrasi perkantoran. Fungsi dan peranan administrasi perkantoran.
Contoh pelayanan administrasi menurut william. Makalah administrasi perkantoran bisnis. Artikel administrasi. Pekerjaan administrasi kantor. Pengertian adm perjanjian kontrak. Jelaskan peranan manajemen kantor. Definisi administrasi menurut para ahli administrasi perkantoran.
Manajemen perkantoran oleh ahli. Fungsi manajemen menurut para pakar. Konsep administrasi kesehatan menurut para ahli. Manajemen perkantoran dalam dunia bisnis. Adm perkatoran. Arti pekerjaan administrasi. Altikel administrasi perkantoran.
Tugas manajemen administrasi perkantoran. Kegiatan administrasi perkantoran dalam bisnis. Mengoprasikan administrasi perkantoran. Gambar kegiatan administrasi perkantoran. Pengertian administrasi kerja menurut para ahli administrasi. Definisi admistrasi perkantoran. Jelaskan peranan manajer kantor.
ADMINISTRASI PERKANTORAN
Dalam kepustakaan banyak dirumuskan definisi mengenai Administrasi Perkantoran
(Office Management) oleh para ahli. Dari banyak definisi-definisi tersebut dapat
dirangkumkan bahwa administrasi perkantoran merupakan rangkaian aktivitas
merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan (memberikan
arah dan petunjuk), mengawasi, dan mengendalikan (melakukan kontrol) sampai
menyelenggarakan secara tertib sesuatu hal.
B. Sasaran Kegiatan Adminitrasi Perkantoran
Sasaran yang terkena oleh rangkaian kegiatan itu pada umumnya adalah pekerjaan
perkantoran (0ffice work) Walaupun demikian, sasaran kegiatan Administrasi
Perkantoran sebenarnya lebih luas lagi cakupannya. Seperti yang disusun oleh Charles
Libbey adalah sebagai berikut :
1. Ruang perkantoran (Office Space)
Ruang perkantoran meliputi Perkiraan kebutuhan ruang; Pemanasan dan peredaran
udara; Pendinginan udara; Pantulan suara; Lukisan; Fasilitas kebersihan; Ruang
pertemuan; faktor keselamatan; Pemindahan kantor; Perubahan-perubahan;
Pemeliharaan.
2. Komunikasi (Communication)
Komunikasi meliputi Pengiriman surat; Pelayanan pesuruh; Pipa hantaran; Telepon;
Susunan kabel; Pendiktean telepon; Sisitem telepon antar kantor; Telegraf dan
pelayanan kawat; Telex; Faximiles; Papan pengumumman; Pelayanan terima tamu.
3. Kepegawaian Perkantoran (Office Personnel)
Kepegawaian Perkantoran meliputi Pemilihan; Perkenalan; Latihan; Pengujian;
Kenaikan pangkat; Pergantian; sistem saran; Pengerahan pegawai; Keterlambatan;
persoalan mangkir; Wawancara pemberhentian; Fasilitas ruang makan siang;
Semangat kerjasama; Disiplin; Pensiun; Pengaduan.
4. Perabotan dan Perlengkapan (Furniture and Equipment)
Perabotan dan perlengkapan meliputi Meja kerja; Kursi; Meja panjang; Perlengkapan
arsip; Ruang dan peti besi; Perabotan fungsional; Perabotan gudang; Pemeliharaan
dan perbaikan; Perlengkapan acuan; Lemari perbekalan dan penempatan rak; Cagak
Pakaian; Perabotan perpustakaan; Penilaian perlengkapan baru.
5. Peralatan dan Mesin (Appliances and Machines)
Peralatan dan Mesin meliputi Mesintik; Mesin tambah; Mesin faktur; Mesin
pembukuan; Mesin hitung; Perlengkapan dikte; Perlengkapan kirim surat; Peralatan
terlihat (Visible applince); dan lain-lain perkantoran; Perlengkapan kebersihan;
Perlengkapan penggandaan; Pemeliharaan dan perbaikan; Penilaian peralatan dan
mesin baru.
6. Perbekalan dan Keperluan Tulis (Supplies and Stationary)
Perbekalan dan keperluan tulis meliputi Barang-barang keperluan tulis; Kertas surat;
Formulir; Perbekalan kebersihan; perbekalan penggandaan; Penilaian perbekalan
baru.
7. Metode
Metode meliputi pengolahan bahan keterangan; Penyelidikan perkantoran;
Pengukuran hasil kerja tulis; Penjadwalan prosedur rutin; Prosedur pembagaan;
(Charting procedures); Pemakaian film; Analisis statistik.
8. Warkat (Records)
Warkat meliputi pengkoordinasian formulir; Perancangan formulir; Pelayanan surat-
menyurat; pola surat; Peninjauan surat-menyurat; Pusat pengetikan; (Typing rools);
Metode pelaporan; Penyelidikan; Penyingkiran warkat (Disposal of records);
Pembuatan mikrofilm; Jadwal penyimpanan; Praktek kearsipan dan penyimpanan.
9. Kontrol Pimpinan Pelaksana (Executive Controls)
Kontrol pimpinan pelaksana meliputi Perencanaan organisasi; Pemusatan atau
pemencaran pelayanan; perencanaan anggaran; Perkiraan (Forecasting); Pedoman
petunjuk kerja; Koperensi; Latihan pemindahan tugas; Analisis tugas pekerjaan;
Pembakuan gaji.
Namun selain yang di atas, ada dua pandangan mengenai pengertian administrasi yaitu
administrasi sebagai ilmu dan pengertian administrasi sebagai seni. Administrasi sebagai
ilmu (Science) atau ilmu terapan, karena kemanfaatannya dapat dirasakan apabila prinsip-
prinsip, rumus-rumus, dalil-dalil diterapkan untuk meningkatkan mutu pelbagai
kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Sedangkan administrasi sebagai seni (Art)
merupakan karya seseorang yang dipraktekkannya dengan baik yang diperolehnya dari
pengalaman tanpa sebelumnya mempelajari teori-teori administrasi. la berhasil dan
sukses melaksanakan tugasnya tanpa memperoleh pendidikan tentang teori-teori dan
asas-asas yang berkenaan dengan administrasi. Walaupun demikian ia memperoleh
kemahiran di dalam bidang administrasi berdasarkan pengalaman di dalam melaksanakan
tugasnya.
C. Penggolongan Administrasi Ditinjau dalam Kegiatan Operasionalnya.
Didalam kegiatan operasionalnya secara umum administrasi dapat pula digolongkan atas:
1. Administrasi Negara
2. Administrasi Swasta (Perusahaan)
Administrasi Negara, merupakan kegiatan dalam bidang kenegaraan, bertujuan
memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan Administarasi Swasta
(Perusahaan) yaitu kegiatan yang dilakukan dalam bidang swasta atau niaga, dengan
usaha mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan.
Diantara Administrasi Negara dan Administrasi Swasta terdapat perbedaan dalam hal
sifat dan tujuannya. Administrasi Negara ruang lingkupnya lebih luas dan kompleks dari
pada Administrasi Swasta, karena menyangkut hubungannya dengan pelaksanaan
kebijaksanaan negara (pemerintah).
Smm Panel
BalasHapussmm panel
İŞ İLANLARI
instagram takipçi satın al
Hirdavatci burada
beyazesyateknikservisi.com.tr
servis
TİKTOK PARA HİLESİ